IRT dan Pemuda Desa Konang Dapat Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik, Ini Hasilnya

oleh -

PENAWARTA.COM – Puluhan ibu – ibu rumah tangga dan pemuda desa Konang Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan memperoleh  pelatihan daur ulang sampah plastik secara gratis menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis, Minggu (28/7/2019).

Pelatihan daur ulang sampah plastik ini sukses menyulap sampah plastik menjadi berbagai macam bunga yang indah dan memiliki nilai jual.

Kegiatan sosial kemasyarakatan ini digagas oleh Komunitas Pamekasan Membaca (Kompak) bekerja sama dengan Muslimah Craft Centre dan Korp HMI-Wati (KOHATI) Cabang setempat.

M. Hasanuddin ketua KOMPAK mengatakan, pelatihan gratis ini sengaja dilakukan untuk memberikan pelatihan dan edukasi kepada ibu rumah tangga dan pemuda desa Konang agar peduli lingkungan dan mengubah pandangan masyarakat bahwa sampah plastik bisa bermanfaat dan bernilai ekonomis.

“Kegiatan ini sengaja kami buat agar ibu rumah tangga dan pemuda khususnya di desa Konang dan Pamekasan pada umumnya bisa memanfaatkan sampah plastik di duar ulang. Ini upaya kami memberikan solusi agar masyarakat peduli lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Setidaknya, kata Hasan sapaan akrab M. Hasanuddin, ibu – ibu rumah tangga dan pemuda desa Konang yang mengikuti pelatihan daur ulang sampah plastik ini kedepan bisa berkreasi membuat pot bunga, bunga, maupun sesuatu yang bernilai ekonomis.

“Mereka mendapat materi dari temen temen Muslimah Craft Centre dan praktek langsung yang didampingi oleh pemateri.  Ini merupakan metode baru bagi masyarakat untuk menghidupkan ekonomi rumah tangga serta sadar akan pentingnya menjaga lingkungan,” terang Aktivis HMI Pamekasan itu.

Pewarta Maduratrendingnews.com ini berharap, kedepan masyarakat khususnya ibu ibu rumah tangga dan pemuda yang sudah mengikuti pelatihan daur ulang sampah plastik bekas ini bisa berkreasi sendiri dengan memanfaatkan sampah plastik bekas menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis, berguna, dan dapat dibuat hiasan.

Eeng, seorang peserta pelatihan, mengaku senang dapat belajar bagaimana mengolah sampah plastik menjadi barang lain yang bermanfaat.

“Biasanya sampah plastik seperti ini langsung saya buang begitu saja. Namun, ternyata jika diolah masih bisa menjadi barang yang bernilai jual,” katanya.

“Semoga pelatihan-pelatihan seperti ini tidak dilaksanakan hanya sekali, agar kami dapat belajar lebih baik sehingga nantinya akan menjadi lebih kreatif dengn bimbingan para mentor yang ada,” sambung dia. 


Hadir dalam kegiatan tersebut Pjs Kades Konang, ibu PKK desa Konang, dan para ibu – ibu rumah tangga dan pemuda desa Konang.

Diketahui, kegiatan pelatihan daur ulang sampah plastik ini bertajuk “Pemberdayaan pemuda dan ibu rumah tangga; pemanfaatan sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomi”. Kegiatan tersebut didukung oleh PWI Pamekasan, Forum Wartawan Pamekasan (FWP), Maduratrendingnews.com dan Kabar Madura. (PW3)