Bupati Pamekasan Paparkan Gagasan Ekonomi Berkeadilan dan Merata di Internasional Conference

oleh -
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat menerima kenang-kenang usai menjadi pemateri di acara International Conference on Sustannable Cities

PENAWARTA.COM – Bupati Pamekasan, Madura , Jawa Timur, Baddrut Tamam menyampaikan gagasan ekonomi berkeadilan dan merata untuk diterapkan di daerah yang dipimpinnya. Hal tersebut disampaikan ketika dirinya menghadiri International Conference on Sustainable Cities yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (Unair) Surabaya di Aula Fajar Notonegoro, Selasa (30/7/2019).

“Dalam kesempatan itu, kami menyampaikan gagasan ekonomi berkeadilan dan merata dengan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan di desa-desa. Sehingga dengan program ini, nantinya bisa mendongkrak sektor perekonomian sekaligus mensejahterakan masyarakat desa,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam.

Gagasan tersebut disampaikan bukan tanpa alasan, sebab pihaknya juga tengah menggodok program Desa Tematik yang dicanangkan terealisasi pada 2020 mendatang.

“Melalui program desa tematik, kami ingin mendorong agar potensi desa bisa berkembang. Sekaligus menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

“Tidak kalah penting, dalam program tersebut nantinya bisa mensejahterakan masyarakat melalui sektor ekonomi desa. Sehingga kedepan tercipta ekonomi berkeadilan dan merata di setiap desa di Kabupaten Pamekasan tercinta,” sambung Baddrut Tamam.

Sebelumnya bupati muda ini mengajak seluruh kepala desa (kades) beserta jajaran aparatur desa agar segera melakukan kajian terhadap berbagai potensi desa masing-masing, demi merealisasikan gagasan “Desa Tematik” yang akan diterapkan pada 2020 mendatang.

Kajian tersebut meliputi kajian sektor Sumber Daya Alam (SDA) hingga Sumber Daya Manusia (SDM) di masing-masing desa, sehingga potensi yang ada di desa bisa dimaksimalkan melalui gagasan program Desa Tematik demi menunjang penguatan sektor ekonomi di tingkat desa di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan.

“Mulai saat ini, kepala desa maupun aparat desa silahkan melakukan berbagai kajian. Apa kira-kira yang akan menjadi program prioritas demi memajukam sektor ekonomi di desa yang mereka kelola,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Sabtu (13/7/2019) lalu.

Pihaknya mengimbau sekaligus meminta agar para kepala desa maupun aparatur desa agar mulai memikirkan potensi yang dimiliki masing-masing desa. “Jadi mulai saat ini harus kita pikirkan program yang hendak dikembangkan berdasar SDA maupun SDM yang ada di desa,” ungkap Ra Baddrut sapaan akrab politikus muda Partai Kebangkitan Bangsa ini.

“Prinsipnya, yang dimaksud desa tematik ini masing-masing desa harus memiliki tema mengenai sumber daya alam atau sumber daya ekonomi yang hendak dikembangkan di desa. Tentunya sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa,” tandasnya (BJ/PW3).