Bupati Baddrut Tamam Lepas Empat Peserta OSN

oleh -
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat melepas peserta OSN di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan.

PENAWARTA.COM – Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam melepas 4 siswa Kabupaten Pamekasan secara resmi untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Keempat siswa tersebut terdiri dari dua siswa tingkat SD dan dua siswa tingkat SMP yang bertempat di Rumah Dinas Bupati Pamekasan, Kamis (27/06/2019).

Baddrut berharap pada OSN tahun ini Pamekasan akan kembali mengukir prestasi sebagai juara tingkat nasional seperti yang pernah diraih oleh para siswa asal Pamekasan pada OSN sebelumnya, yakni Ananda sohibul Maromi dan Andi Octavian Latif.

“Kami tentunya berharap agar prestasi yang pernah diraih oleh para pendahulunya, yakni para siswa asal Pamekasan yang masuk jadi juara OSN nasional maupun international akan kembali terukir pada OSN tahun ini,” ujar Baddrut.

Keempat peserta yang akan mengikuti OSN tersebut di antaranya perwakilan dari SDN Lawangan Daya mata pelajaran IPA Kayla Ramadhani Arinal Haq, perwakilan dari SDI Al-Munawwarah mata pelajaran IPA Anindita Sayla Safira, perwakilan dari SMPN 1 Pamekasan mata pelajaran IPA Labbayka Ziyadul Fikri, dan perwakilan dari SMPN 2 Pamekasan mata pelajaran IPS Naila Syakira.

“Semoga hasil jerih payah itu ada hasilnya dan kami mohon dukungan semua pihak, utamanya orang tua, para pembina dan pendamping, dan doa dari masyarakat Pamekasan. Dukungan semua pihak sangat besar artinya bagi kami. Karena itu, sekali lagi kami tetap menanti doa dan dukungannya,” tambahnya.

Dalam pelepasan peserta OSN tersebut, Baddrut juga menyampaikan harapannya agar kebiasaan cara belajar dan kebiasaan cara mengatur diri siswa-siswa berprestasi tersebut bisa berimbas pada anak-anak lain di Pamekasan.

Politikus PKB yang belum 100 hari kerja menjabat sebagai bupati tapi sudah memperoleh rekor MURI karena berhasil membuat Mall Pelayanan Publik itu juga menyampaikan bahwa prestasi luar biasa yang dicapai oleh siswa-siswa tersebut bisa dicapai melalui upaya-upaya yang luar biasa pula.

“Ada kemauan yang kuat dari dari sang anak untuk belajar dan mengembangkan kompetensinya. Anak seusianya saat itu mungkin sedang bermain, dia sedang belajar. Demikian juga dukungan suasana dan sarana yang disediakan oleh orang tua,” jelas Baddrut.

Ia juga menekankan berkenaan dengan program-program Pemerintah Kabupaten Pamekasan dari 5 program prioritas Bupati, peningkatan layanan dan kualitas pendidikan.

Di kabupaten berslogan Kabupaten Pendidikan itu, hampir setiap tahun secara bergiliran banyak bermunculan siswa-siswi prestasi. Bupati Pamekasan yang oleh masyarakat sering disebut sebagai bupati milenial ini juga sangat peduli pada dunia pendidikan.

Oleh karena itu, bupati muda ini sering terjun langsung mengontrol fasilitas-fasilitas sekolah. Ia juga berharap tidak ada lagi sekolah yang gedungnya kurang bagus dan guru-gurunya tidak disiplin.

Baddrut juga menekankan pentingnya publikasi dari capaian-capaian prestasi pemerintah sesuai filosofi “orang baik harus berbicara. Karena apabila tidak, maka orang yang tidak baik yang akan berbicara”.

Sementara itu, keberhasilan itu semua juga tidak lepas dari binaan Disdik Pamekasan. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan M. Tarsun menjelaskan acara pelepasan itu merupakan apresiasi dan penghargaan dari pemerintah kepada peserta didik yang berpestasi.

“Ini juga memberikan semangat dan motivasi kepada mereka, terutama orang tua, serta juga memberikan motivasi lepada pelajar yang lainnya agar bisa seperti mereka beprestasi, baik di bidang akademik, olahraga, maupun seni,” kata pemimpin muda yang akrab disapa “RBT” ini. (PENAWARTA.COM)