Anggota Kodim Pamekasan Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2019

oleh -

PENAWARTA.COM – Beberapa peleton peserta upacara dari TNI/Polri, Satpol PP, Dishub Pamekasan, Lapas, Imigrasi , Bapas, Gabungan Perguruan Tinggi, Korpri Pemkab Pamekasan, Mahasiswa dan Peleton SLTA/SMK Pramuka, Sabtu (01/06/2019) pagi, mengikuti Upacara Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 yang digelar di Lapangan Nagara Bhakti Jl Pamong Praja Kabupaten Pamekasan.

Kegiatan yang mengusung tema “Kita Indonesia Kita Pancasila” tersebut dipimpin oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dan dihadiri oleh Wakil Bupati Raja’e, Dandim 0826 Letkol Inf. M. Effendi, Kapolres AKBP Teguh Wibowo SIK, Kajari Tito Prasetyo, Ketua DPRD Halili Yasin, Para OPD Pemkab setempat dan Camat se-Kabupaten Pamekasan.

Selaku Inspektur Upacara (Irup), Baddrut Tamam menyampaikan bahwa Patut memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila 2019.

“Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Bupati muda ini.

“Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua kondisi geografis yg memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan “Tanah Air Indonesia” kesatuan gugusan pulau yg berada di antara dua samudra, Pasifik dan Hindia,” lanjutnya.

Sebagaimana konsep wawasan nusantara di wilayah Nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam.

Disampaikan, Pancasila sebagai dasar Negara, idiologi negara dan pandangan hidup bangsa yang di gali oleh para pendiri bangsa merupakan satu anugerah yg tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut Baddrut, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian asasi harus terus di perjuangkan keberagaman kondisi geografis dapat di rajut dalam bingkai kebangsaan yg inklusif.

Berkat Pancasila yang berkeadilan dengan nilai-nilai inkluvisitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah, pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yg ada di rajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika.

Peringatan hari kelahiran pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan piagam jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945.

“Dengan merayakan hari kelahiran pancasila kita kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yg lebih baik, Sebagai energi positif bangsa pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan khususnya dalam merelisasi visi dan misi bangsa Indonesia,” tambah orang nomor satu di Kabupaten Pamekasan.

Melalui peringatan hari kelahiran pancasila 1 Juni 2019 pancasila perlu di jadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yg rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, ‘Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tutup Bupati dalam amanatnya. (PW3/TNI)