Bupati Pamekasan Anjurkan Pejabat Pakai Baju Baru Batik saat Lebaran

oleh -

PENAWARTA.COM – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menganjurkan agar para pejabat di lingkungan pemkab memakai baju batik baru saat Lebaran sebagai upaya untuk mendorong dan membantu peredaran ekonomi lokal di wilayah itu.

“Soalnya, hanya batik ini yang merupakan produk lokal, hasil kerajinan rakyat Pamekasan,” katanya saat menghadiri acara Safari Ramadhan di Kecamatan Pakong, Selasa (21/5/2019).

Bupati menyatakan, cara ini merupakan upaya untuk membangun iklim ekonomi yang terpusat di lingkup lokal Pamekasan, sekaligus untuk memotivasi tumbuhkan kelompok usaha dan kerajinan baru yang terpusat di Pamekasan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Baddrut Tamam juga sempat memberikan gambaran potensi ekonomi yang bisa dikembangkan di Pamekasan karena menjadi kebutuhan masyarakat. Seperti kopiah dan sandal jepit.

“Kalau anda ajunan mencari di google, berapa harga mesin pembuat sandal, harganya hanya sekitar Rp2 jutaan. Sampai sekarang sandal jepit yang kita pakai masih diproduksi di daerah lain dan belum ada warga Pamekasan yang menangkap peluang ini,” ujar bupati.

“Kenapa, kami mendorong produksi kebutuhan kita ini bisa diproduksi di Pamekasan? Agar ekonomi kita berputar disini,” ucap bupati, menambahkan.

Pada bagian lain, Baddrut Tamam menjelaskan tentang orientasi Safari Ramadhan yang digelar Forkopinda Pemkab Pamekasan kali ini.

Menurut dia, ada tiga hal yang menjadi orientasi pemkab, yakni 1). silaturrahmi, 2) membangun pola kepemimpinan yang tak berjarak, 3). mendorong pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang terinintegratif guna kemajuan ekonomi Pamekasan.

Bupati juga menjelaskan lima hal penting yang menjadi program Berbaur, yakni, 1). reformasi birokrasi, 2). Kesehatan, 3). Ekonomi, 4). Pendidikan, 5). Infrastruktur.

“Fokus utama dari lima program ini adalah desa, yakni desa tematik. Masing-masing desa harus menetapkan program utama,” kata bupati.

Sebagaimana Safari Ramadhan di Kecamatan Batumarmar, Pasean dan Kecamatan Waru, pada acara Safari Ramadhan di Kecamatan Pakong ini juga diawaki dengan penyerahan santunan kepada anak yatim. (PENAWARTA.COM)