Ribuan Orang Ikuti Kegiatan Pekan Ngaji di Bata-bata

by -
Rundown kegiatan ilmiah di Pekan Ngaji 4 Pondok Pesantren Bata-bata, Pamekasan, Madura, Jawa Timur 2019.

PENAWARTA.COM – Ribuan santri dan alumni Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, menghadiri pembukaan Pekan Ngaji 4 yang digelar di halaman madrasah kompleks pesantren di Desa Panaan, Palengaan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis (10/1/2019) malam.

Dalam kegiatan tersebut, tidak hanya kalangan santri yang hadir dalam opening program bertajuk international event. Namun juga alumni dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di wilayah Madura.

“Kegiatan seperti ini merupakan momentum untuk kembali ngaji, sesuai dengan nama kegiatan Pekan Ngaji. Tentu tidak hanya bagi para santri, tapi juga bagi kami sebagai alumni,” kata salah satu alumni Pesantren Bata-Bata, Abd Rasyid.

Momentum program yang akan digelar selama 10 hari kedepan, terhitung mulai hari ini hingga Minggu (20/1/2019) mendatang. Tentunya juga bakal menjadi berkah bagi dirinya, termasuk alumni lainnya untuk kembali menambah ilmu dan wawasan kepada para pemateri yang dinilai ahli dalam bidang masing-masing.

“Saat ini kita bisa kembali mengingat dan bernostalgia pada masa-masa di pesantren dulu, apalagi dengan momentum seperti ini kita juga bisa menambah wawasan dan keilmuan dari para pemateri yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Tidak kalah penting, momentum tersebut juga menjadi ajang silaturahmi bagi para alumni yang menyempatkan hadir dalam kegiatan yang mengusung grand tema ‘Menuju Generasi Salih dan Muslih’. “Terpenting kami juga bisa silaturahim kepada para masyayih, sekaligus melepas kangen dengan para santri lawas satu angkatan dulu,” jelas alumni asal Sumenep.

Seperti diketahui, kegiatan opening Pekan Ngaji 4 juga bakal diisi dengan materi Ngaji Fiqhih al-Da’wah bersama Buya Yahya Zainal Ma’arif. Selanjutnya berbagai jenis ngaji lainnya juga akan digelar secara berkesinambungan dalam sepekan kedepan. (PW/Ngaji/10/01/2019)