Antisipasi Banjir, TNI Bersama Masyarakat di Pamekasan Bersihkan Sungai

Pamekasan (PENAWARTA) – Babinsa Konang Koramil 0826/04 Galis Sertu Salehodin bersama warga Dususn Tandes Desa Konang Kecamatan Galis Pamekasan lakukan Karya Bhakti bersihkan sungai Konang, Sabtu (15/12/2018).

Karya Bhakti itu dilakukan sebagai salah satu bentuk antisipasi banjir, karena selama ini apabila terjadi hujan yang cukup lebat sungai tersebut tidak bisa menampung debet air sehingga membanjiri Dusun Tandes dan tidak jarang sampai ke dusun lainnya.

Babinsa Konang mengemukakan bahwa bermula dirinya melakukan patroli di sepanjang aliran sungai dan menemukan tumpukan – tumpukan sampah yang disebabkan oleh pohon bambu roboh sehingga menghambat aliran air sungai. Dari hal itu timbullah ide akan mengajak warga Dusun Tandes untuk melakukan Karya Bhakti pembersihan sungai.

“Kami langsung melakukan anjangsana kerumah Kepala Dusun Tandes yang selanjutnya memusyawarahkan tentang pelaksanaan Karya Bhakti bersama warga untuk membersihkan kali terutama mengangkat potongan-potongan bambu yang roboh dan melintang di sungai, Alhamdulillah Kepala Dusun Langsung setuju ajakan kami,” tambah Sertu Salehodin.

Suliman warga Dusun Tandes menyampaikan sangat mengapresiasi atas ajakan Babinsa untuk membersihkan sungai konang, karena selama ini hampir setiap musim penghujan dusun kami banjir karena luapan Konang.

“Mudah-mudahan kalau sungai ini sudah bersih dari sampah tidak terjadi banjir lagi,” katanya.

“Kami juga berharap tidak hanya Babinsa yang memberikan perhatian kepada kami terutama tentang antisipasi banjir, harapan kami ada perhatian dari pihak pemerintah karena selama ini rumah-rumah kami sering terdampak banjir,” harapnya. (PW3)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.